10 Cara Membentuk Karakter Anak Usia Dini

Diposting pada

Karakter seorang anak  harus kita bentuk sejak usia dini mungkin karena diusia tersebut anak adalah peniru yang ulung dari apa yang ia lihat atau dengar meski belum sepenuhnya mudeng apakah hal yang mereka tiru adalah benar atau keliru.  
So, kami akan membantu Orang tua baik Ayah dan Ibu dengan memberikan 10 tips atau cara dalam membentuk karakter anak usia dini, Berikut cara-cara tersebut :

1. Bersikap Konsisten
Karakter anak bisa kita bangun dengan sikap kita yang konsisten dihadapan mereka. Anak tentu akan menuruti perintah kita sebagai Ayah atau Ibu asal kita konsisten dalam memberikan arahannya.
Semisal jika Anda mengajari anak untuk memberesi mainan mereka agar rapi, tapi Anda sebagai orang tua malah malas dengan seenaknya meletakkan sepatu kerja Anda sembarangan dan anak melihatnya dan tentu anak menilai Anda tidak konsisten sehingga pendidikan karakter Anda sepertinya gagal. 

2. Pendidikan Keagamaan
Sebagai keluarga yang beragama tentu pendidikan agama harus kita berikan kepada anak sedini mungkin . Jika Anda muslim tentu mengajari mereka sejak kecil sholat, membaca doa sebelum melakukan sesuatu, memberi tahu anak kalau berbuat baik akan diberi ganjaran pahala dari Tuhan dan masuk surga, namun akan dimarahi Tuhan dengan masuk neraka jika berbuat jahat.

3. Input yang Diterima
Mendidik anak sejak usia dini dengan kebiasaan yang baik tentu akan mempengaruhi kebiasaan anak ketika dewasa nantinya. Contoh Orang tua mengajari kesopanan anak sejak dini.

4. Anak adalah Peniru yang Baik
Anak adalah peniru yang ulung. Sebagai Orang tua kita saat mendidik mereka Anda harus memperhatikan perilaku dan sikap Anda. Anak akan meniru apa yang mereka lihat dan dengar meski mereka belum tahu sepenuhnya apakah itu benar atau salah.

5. Tidak Memanjakan
Kadang orang tua tidak tega melihat anak menangis karena ingin sesuatu sehingga beberapa Ayah dan Ibu akan memanjakannya dengan selalu memberikan apapun yang anak minta sehingga anak senang.
Hal ini tentu sangat salah karena akan berdampak negatif pada anak. Anak yang biasa dimanja tentu akan berpengaruh kedepannya menjadi anak yang karakternya lemah, cepat putus asa, dan memiliki ego yang besar.

6. Lakukan Hal Kecil
Hal-hal kecil tampaknya menjadikan sesuatu yang besar. Membiasakan say Hello, Sorry atau terima kasih adalah hal kecil yang bisa membentuk karakter positif pada Anak yang akan berpengaruh kedepannya.

7. Berbagi itu Penting
Ajarkanlah anak Anda sejak dini untuk berbagi kepada temannya atau siapapun. Dengan berbagi anak kedepannya akan menjadi pribadi yang ringan tangan dan menghargai sesama.

8. Nyatakan Salah Jika Memang Salah
Jangan pernah membela anak Anda ketika mereka berbuat salah. Katakanlah salah jika memang salah. Karena jika kesalahan anak anda bela, ini bisa kita katakan Anda membentuk anak sebagai seorang Looser atau pengecut.

9. Berkelanjutan
Membentuk karakter anak tidak hanya saat mereka masih usia dini namun harus berkelanjutan sampai mereka dewasa. Jangan pernah lepas tanggung-jawab sampai mereka bisa mengurusi dirinya sendiri sampai mereka bertanggung-jawab ke keluarga mereka sendiri saat menikah.

10. Tanamkan Pada Semua Anak
Masalah ini akan datang jika punya anak lebih dari satu. Ayah dan Ibu punya tugas mendidik anak yang tentunya akan beda karakter dan sifat dari setiap anak mereka. Selain melibatkan Ayah dan Ibu, pendidikan karakter juga perlu melibatkan sang kakak untuk mendidik adiknya yang lebih kecil.

Semoga dengan 10 tips diatas semoga membantu Ayah dan Ibu sebagai orang tua dalam membentuk karakter anak Anda sejak usia dini. Selamat mencoba.

BACA JUGA : Peran Sekolah Dalam Pendidikan Karakter AnakBACA JUGA : Proses Pembentukan Karakter Pada Anak
BACA JUGA : PENTINGNYA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *