5 Tips Memasuki Dunia Kuliah Bagi Calon Mahasiswa Baru Agar Jangan Sampai Salah

Diposting pada
Muarapendidikan.com –  Menjadi seorang mahasiswa merupakan sebuah impian bagi para siswa SMA atau SMK sederajatnya, khususnya mereka yang berada di jenjang akhir. Sosok dewasa, pandai, dan mandiri menjadi begitu lekat dengan status mahasiswa. Inilah yang membuat mereka ingin sesegera mungkin menjajaki dunia kampus.
Faktanya, dunia perkuliahan tidak seindah yang ada di FTV. Dimana hanya ada kisah cinta dan bersenang-senang. Dunia tersebut penuh lika-liku dan tidak selalu menyenangkan. Apalagi jika kamu harus beradaptasi dengan daerah baru yang berbeda adat dan budayanya. Oleh karena itu, tips memasuki dunia kuliah bagi calon mahasiswa baru ini perlu kamu pelajari.
1. Kenali Jurusan Dan Universitas Pilihanmu
Sebelum kamu resmi menjadi seorang mahasiswa, kenali terlebih dahulu jurusan dan universitas pilihanmu. Jurusan yang kamu pilih harus benar-benar sesuai dengan bakat dan minatmu. Mengapa demikian? Sebab, jurusan tersebut akan kamu hadapi setiap hari dan itu bukan pekerjaan mudah.
Bayangkan jika jurusan tersebut tidak sesuai bakat dan minatmu! Bukan tidak mungkin kamu akan kewalahan sendiri nantinya. Dan tak jarang orang yang menghadapi hal tersebut memutuskan untuk berhenti atau memilih jurusan baru yang sesuai dengan bakat dan minatnya.
Kalau hal ini sampai terjadi, perkuliahan yang sudah dijalani dan uang yang digunakan untuk pendaftaran tentu akan terbuang sia-sia. Setelah memilih jurusan yang tepat, kamu harus mengetahui peluang untuk memperoleh jurusan tersebut. Selain itu, kamu juga perlu memikirkan apa yang akan kamu pelajari selama menjadi mahasiswa dan prospek kerja setelah lulus. Jika sudah, langkah selanjutnya adalah memilih universitas dan pastikan jurusan tujuanmu di universitas tersebut memiliki akreditasi A atau B.
2. Persiapkan Mental
Dunia kampus berbeda 180° dengan dunia sekolah. Mulai dari jadwal yang tidak teratur, teman yang heterogen, sampai pergaulan bebas. Nah, sebagai mahasiswa, kamu harus siap menghadapi berbagai hal yang mungkin terjadi. Apalagi jika kamu adalah anak perantauan.
Mental adalah hal paling utama yang wajib kamu siapkan sebelum memasuki dunia kuliah yang akan kamu jalani. Jika kamu tidak menyiapkan mental sejak awal, bukan tidak mungkin kamu akan terbawa arus dan lupa akan tujuan awalmu. Hal ini tentu tidak kamu inginkan bukan? Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu mempersiapkan mentalmu mulai sekarang.
3. Hati-Hati Dalam Bergaul
Tips memasuki dunia kuliah bagi calon mahasiswa baru selanjutnya yaitu hati-hati dalam bergaul. Punya banyak teman memang sangat menyenangkan. Namun, jangan sampai kamu salah memilih teman. Teman sedikit yang positif itu lebih baik jika dibandingkan teman banyak tetapi mengajakmu melakukan berbagai hal negatif.
Tak sedikit mahasiswa baru yang terkejut akan pergaulan yang ada di kampus. Sebab, tak semua mahasiswa seperti apa yang ada dalam bayangannya. Mulai dari pemandangan wanita yang mer*k*k, biasa main tanpa kenal waktu, hingga s*ks bebas. Namun, jangan jadikan ini sebagai alasan untuk menutup diri dari lingkungan sosial. Justru berteman dengan orang yang memiliki latar belakang berbeda, bisa menambah wawasan sosialmu.
4. Kembali Ke Tujuan Awal
Jauh dari orang tua, memiliki teman baru, hidup tanpa ada aturan, dan hal baru lainnya terkadang membuat seorang mahasiswa lalai akan tujuan awalnya.  Tak jarang hal ini berdampak pada nilai akademiknya. Oleh karena itu, jangan sampai hal ini menimpamu. Apapun yang kamu lakukan ingatlah tujuan awalmu menjadi seorang mahasiswa! Jangan sampai kamu mengecewakan orang tua yang telah banting tulang mencari uang untuk menguliahkanmu! Ingatlah mereka menggantungkan impian besar bahwa anak mereka akan menjadi orang yang membanggakan nantinya.
Salah satu cara yang dapat Anda gunakan untuk selalu mengingat tujuan awalmu adalah membuat list apa yang kamu ingin dari mulai kuliah sampai lulus. Kemudian, tempelkan list tersebut di dinding kamarmu. Dengan demikian, kamu akan selalu mengingat apa tujuan awalmu menjajaki dunia perkuliahan tersebut.
5. Kenali Lingkungan Sekitar
Tips memasuki dunia kuliah bagi calon mahasiswa baru selanjutnya ini khusus buat kamu anak perantauan yang mungkin memilih untuk ngekos. Kos tidak harus mahal dan bagus tetapi pilihlah yang membuatmu merasa aman dan nyaman. Selain itu, pastikan dekat dengan kampus. Mengapa demikian? Selain memudahkanmu saat pulang kuliah malam hari, kamu adalah anak baru yang belum paham seluk beluk lingkungan tersebut. Oleh karena itu, sebagai langkah adaptasi awal, mencari kos yang dekat dengan kampus adalah pilihan terbaik. Nah, jika sudah paham lingkungan sekitar, kamu bisa memilih kos sesuai yang kamu inginkan.
Ok mungkin hanya itu saja pembahasan tentang Tips Memasuki Dunia Kuliah Bagi Calon Mahasiswa Baru. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *