7 Tips dan Trik di Ponsel Xiaomi

Diposting pada
Muarapendidikan.com – Ponsel Xiaomi kini memasuki generasi baru dengan versi MIUI 8 yang ditandai dengan dirilisnya versi ponsel tambun yang dinamakan Mi Max. Namun dalam keseharian, penulis masih menjumpai ponsel Xiaomi lama yang bahkan masih menggunakan versi MIUI 5, versi MIUI yang sejak kali pertama ponsel tersebut dirilis. Ponsel-ponsel seperti Redmi 1s, Mi3 atau Mi4 tentunya sudah mendapatkan update ke MIUI 7, namun tidak ada salahnya untuk melihat kembali fitur-fitur tersembunyi yang ada di MIUI 5 yang sangat berguna.
7 Tips Xiaomi berikut akan mencoba mengungkap kembali fitur tersembunyi dari MIUI. Fitur-fitur ini bisa saja ada di versi MIUI berikutnya dengan tips dan trik yang sama, namun bisa jadi memiliki perbedaan. Silakan mencoba beberapa tips dan trik tersembunyi MIUI berikut ini.
Tips 1 – Akses Musik dengan Cepat
Tips pertama adalah bagaimana cara mengakses aplikasi pemutar musik dengan cepat. Saat layar terkunci, klik dua kali (double-click) tombol buka kunci dan secara instan layar kunci akan berubah menjadi pemutar musik (music player).
Fitur ini tentu sangat berguna untuk mempercepat mengakses koleksi musik yang ada di ponsel. Trik ini sangat membantu dan tentunya menghemat waktu karena kini tidak perlu lagi membuka menu ponsel secara utuh hanya untuk mendengarkan lagu-lagu favorit terutama saat menemani perjalanan.
Tips 2 – Akses Kamera dengan Cepat
Selain sebagai pemutar musik, ponsel juga acapkali dijadikan sebagai alat pengambil foto dengan fitur kamera yang disematkan di ponsel. Bahkan fitur ini menjadi acuan penting bagi seseorang memutuskan membeli sebuah ponsel. Di ponsel keluaran Xiaomi cukup dengan menahan tombol “Back” saat layar dalam kondisi terkunci. Ini adalah trik mengakses fitur kamera dengan cepat. Namun fitur ini tidak bekerja secara default, perlu diaktifkan terlebih dahulu melalui menu “setting” > “Button & Keys” > Aktifkan “Long Press Back Key For Camera”.
Trik mengakses kamera dengan cepat ini tentunya sangat berguna saat kita ingin segera mengabadikan sebuah momen atau saat meminta bantuan pada seseorang untuk mengambil foto. Dengan trik ini tidak perlu memasukkan password untuk mengakses fitur kamera ponsel.
Tips 3 – Fitur Senter
Fitur senter menjadi fitur dasar di sebuah ponsel. Namun di ponsel Xiaomi ada trik dan tips yang bisa digunakan untuk mengaksesnya dengan cepat yaitu saat layar masih terkunci, tahan tombol “home” dan flashlight anda akan menyala. Tekan lagi selama 3 detik sampai handphone bergetar, maka layar akan mati sedangkan senter akan tetap hidup. Untuk mematikannya, tinggal tap layar dimana saja.
Fitur senter berguna saat kita berada di ruangan gelap atau sebagai sumber cahaya tambahan saat diperlukan. Dengan tips dan trik di atas, maka kerepotan saat membutuhkan senter bisa dihindari.
Tips 4 – Menyembunyikan Pesan
Tentunya akan sangat menjengkelkan jika menerima pesan atau SMS dari seseorang yang tidak kita kenal terlebih dengan maraknya SMS Spam yang menawarkan berbagai undian, kredit tanpa agunan, bahkan SMS yang berisi pesan untuk orang dewasa. Di MIUI, kita bisa menggunakan tips dan trik berikut untuk menyembunyikan pesan-pesan tersebut yaitu dengan menarik ke bawah pesan yang muncul pada layar pesan dengan kedua jempol sehingga terlihat gambar gembok.
Pesan-pesan ini hanya dapat dibaca secara personal dengan memberikan password sebagai kunci pengamannya. Tentu saja fitur ini juga berguna jika kita tidak ingin teman membaca pesan atau SMS yang di rasa penting tersebut.
Tips 5 – Silent Please
Fitur mode silent berguna jika kita sedang menghadiri rapat namun terkadang terlupa untuk mensettingnya. Di ponsel Xiaomi, fitur ini bisa diakses secara cepat dengan cara membalikkan ponsel dan secara otomatis dering telpon akan mati tanpa mereject telepon masuk tersebut. Cukup mudah bukan.
Untuk melakukan setting silent mode dengan cara masuk ke menu “setting” > “More phone setting” > “Incoming call status setting” > aktifkan “flip to silence”.
Tips 6 – Screen Capture
Masih belum tahu cara mengambil gambar layar ponsel alias screen capture?, beruntunglah karena ini di ponsel Xiaomi telah dipersenjatai dengan fitur standar built-in screen capture. caranya cukup mudah yaitu dengan menekan dan menahan tombol power dan tombol Volume Down atau tekan tombol “menu” dan “volume kebawah” bersamaan maka otomatis ponsel anda akan mengambil dan menyimpan screenshot. Secara otomatis file gambar tersebut tersimpan pada SD card.
Tips 7 – Menampilkan Informasi Kecepatan Jaringan
Ingin tahu kecepatan jaringan yang kita gunakan baik di jaringan Wi-Fi, 3G ataupun LTE/4G?, di MIUI, menu ini sudah tersedia secara built-in, tanpa perlu menambahkan aplikasi seperti Network Monitor Mini. tips untuk mengkatifkannya adalah dengan cara mensettingnya terlebih dahulu melalui menu “Settings” > “Notifications” > “Show Connection Speed.”
Demikianlah ke 7 tips dan trik di ponsel Xiaomi yang dapat dilakukan secara cepat dan sangat berguna untuk menunjang kegiatan sehari-hari atau di saat-saat khusus. Bisa jadi ketujuh tips dan trik di atas akan berbeda cara aksesnya di versi MIUI terbaru yaitu MIUI 8. Yang bisa dilakukan sekarang adalah menunggunya.
Namun untuk diperhatikan, tips dan trik di atas hanya berlaku pada ponsel Xiaomi yang masih menggunakan ROM MIUI, jika sudah menggunakan custom ROM seperti di Redmi 2 dengan CyanogenMod 13 atau Android 6 tentunya akan sangat berbeda cara mengakses ke semua fitur di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *