Jangan samakan Linux dulu dan sekarang !

Diposting pada
muarapendidikan.com – Kalau berbicara soal Linux, hampir tidak ada selesainya. Pasalnya, sistem operasi berbasis Open Source ini sedang pesat-pesat nya berkembang di dunia. Bagi pengguna Linux jaman dulu, yang masih merasakan Debian di tahun 2000, yang masih merasakan susahnya memakai slackware, pasti sekarang sudah merasakan perbedaan yang sangat jauh. 
Linux pada masa lalu benar-benar terpuruk, tidak terkenal, dan memiliki pandangan sebelah mata oleh kebanyakan orang. Di dalam perkembanganya, Linux termasuk melesat ketika banyak distro-distro turunan Debian yang bermunculan. Seperti yang kita ketahui sendiri, 3 Distro terbesar saat ini, atau setidaknya ketika artikel ini dibuat dikuasai oleh 3 keluarga besar Debian. Yaitu Linux Mint sebagai distro nomor 1, Debian sebagai distro nomor 2, dan Ubuntu sebagai distro nomor 3. Anda bisa melihat secara lengkap dan terbaru melalui distrowatch.com.
Berikut 3 poin perbedaan Linux pada jaman dulu dengan jaman sekarang menurut saya pribadi :
1. Linux sudah punya banyak Distro
  • Tak seperti jaman dulu ketika pilihan Distro masih terbatas, saat ini Distro linux sangat melimpah.
2. Tampilan Desktop Linux yang semakin membaik
  • Jaman dulu, Linux sangat terbatas dengan tampilan yang bagus, tidak seperti jaman sekarang dimana banyak Desktop Environment dan widget yang cantik yang siap menemani keseharian anda beraktifitas dengan PC.
3. Dukungan  komunitas yang bertambah besar
  • Sudah bukan hal yang asing untuk didengar, kini komunitas Linux sangat besar dan terorganisir dengan baik. Beberapa diantaranya ada komunitas yang berkonsentrasi pada Desktop Linux, ada yang berkonsentrasi pada penetrasi dan ada pula yang berkonsentrasi dalam hal developing.
Bagaimana menurut anda ? apakah anda merasakan perbedaan Linux di jaman dulu dan sekarang ? 😀 Sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat.
salam hangat kami,
muarapendidikan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *