pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Diposting pada
Pendidikan adalah kunci perkembangan sebuah bangsa, semakin maju pendidikan semakin maju pula bangsa tersebut. Pendidikan pun wajib dimulai dari anak usia dini karena anak seusia tersebut adalah awal pembentukan karakter seseorang yang kedepannya diharapkan menjadi manusia yang berkualitas. 
Pendidikan anak usia dini (PAUD) pun kini semakin diminati masyarakat Indonesia dimana Orang tua bisa memasukkan anaknya di PAUD mulai dari usia 2 sampai sebelum masuk Sekolah Dasar yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak agar siap ke pendidikan selanjutnya baik jalur formal, non formal atu informal . 
Ruang lingkup pendidikan anak usia dini dimulai dari bayi (0 -1 tahun), Balita ( 2-3 tahun), kelompok bermain (3-6 tahun) untuk di Indonesia dan ditambah Sekolah dasar kelas awal (7-8 tahun) di beberapa negara maju . 
Berikut adalah pentingnya pendidikan anak usia dini : 
1. Pendidikan Anak Usia Dini menjadi tempat penyelenggara pendidikan yang berfokus pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik, kecerdasan, sosio emosional, bahasa, komunikasi disesuaikan tahap-tahap perkembangan yang dilalui sang anak sesuai ruang lingkup pendidikan anak usia dini. 
2. Di tempat Pendidikan anak usia dini ini tentu menjadi awal terbentuknya karakter anak untuk persiapan jenjang pendidikan Dasar dan seterusnya dimana mereka sudah diajarkan kemampuan bersosialisasi dan mengatasi masalah sehingga mereka kedepannya tidak menjadi pribadi yang cengeng dan anti sosial . 
3. Pada usia dini tentu waktu yang pas untuk membentuk anak menjadi pribadi positif yang kelak menjadi generasi penerus bangsa. Di usia seperti ini anak akan mudah dibekali pelajaran moral dan agama yang tentunya akan berguna ke depannya. 
4. Anak usia dini tentu mudah menyerap semua ilmu yang diajarkan ke mereka dimana di usia tersebut mereka serba ingin tahu , bisa belajar mengambil dan mengembangkan ide kreatif, siap dan semangat dalam belajarnya untuk bekal belajar akademis di sekolah nantinya yang tentu sangat bermanfaat dari pada yang tidak masuk PAUD. 
5. Pada usia ini adalah periode kritis anak dimana kapabilitas kecerdasan anak sudah mulai berkembang bagus, sehingga perkembangan di usia ini sangat berpengaruh di perkembangan periode berikutnya hingga mereka dewasa, so Orang tua tentu tak ingin melewatkan masa emas ini. 
6. Di usia ini anak sudah akan belajar menjadi pribadi yang mandiri, punya kepercayaan diri yang tinggi, kuat bersosialisi, cepat beradaptasi yang menjadi bekal mereka di jenjang pendidikan berikutnya hingga saat anak sudah beranjak dewasa . 
7. Begitu pentingnya Pendidikan anak usia dini, pemerintah pun sampai membuat Permendikbud tentang standarisasi Nasional PAUD dan menggalakkan sampai tingkat desa-desa di seluruh Indonesia . 
8. Pendidikan anak usia dini tentu wajib dilaksanakan karena sangat dibutuhkan masyarakat Indonesia yang kini semakin melek akan perkembangan pendidikan anak mereka yang tentunya di mulai sejak dini yang akan berguna bagi sang anak di masa depannya juga untuk menjadikan bangsa Indonesia yang semakin berkualitas masa depannya. 
Pendidikan anak usia dini sangat vital dalam perkembangan anak kedepannya dan masa depan bangsa dimana di usia ini adalah usia yang vital dalam membentuk karakter mereka, so sudahkan Ayah dan Ibu di rumah sudah memasukkan putra-putri anda di PAUD? Yuk mari. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *