Peran Sekolah Dalam Pendidikan Karakter Anak

Diposting pada

Peran Sekolah Dalam Pendidikan Karakter Anak – Sekolah berperan banyak pada peserta didiknya.  Selain tempat belajar anak untuk mencetak anak yang berprestasi baik IPTEK dan IMTEKnya, sekolah juga berperan cukup penting dalam memberikan pendidikan karakter setiap anak. Hal ini sebelumnya kurang dipahami beberapa dari kita dimana sekolah biasanya dipahami sebagai tempat untuk belajar saja untuk mendapat ijazah.

Seperti kita ketahui, sekolah adalah rumah kedua bagi sang anak selain dirumah sendiri karena sebagian waktu mereka setiap hari dihabiskan disekolah. So semua lingkungan yang ada disekolah harus bertanggung-jawab dalam pembentukan karakter sang anak.

Lingkungan sekolah berperan penting dalam pendidikan karakter anak, selain tentunya karakter anak juga dibentuk dari lingkungan masyarakat sang anak tinggal dan pastinya di lingkungan keluarga mereka sendiri bersama orang tua yakni ayah dan ibunya.

Peran Sekolah dalam Pendidikan Karakter Anak
Di sekolah anak akan belajar segala sesuatu mulai agama, moral, ilmu pengetahuan dan teknologi, atau bahkan menyalurkan minat dan bakat mereka.  Hal ini tentu menunjukkan sekolah punya peran krusial dalam pendidikan karakter anak . 

Berikut 4 peran sekolah dalam pendidikan karakter anak.

1.       Sebagai tempat bagi anak untuk lebih berekspresi
Sekolah tentu menjadi tempat yang tepat bagi anak untuk menunjukkan ekpresi diri mereka sesuai keahlianya yang tentu membuat sang anak percaya diri. Tak hanya keunggulan anak dalam mapel akademis, tak juga non akademis seperti ekskul, organisasi dan kegiatan lainnya. Anak tentu akan merasa keren semisal jago matematika sehingga karakter positif anak terbentuk.

2.       Sebagai tempat bagi anak untuk menemukan bakat
Bakat anak akan semakin menjadi dan terbentuk jika ada wadah yang menanguinya. Itu biasanya ditempa disekolah dimana Guru sekolah berkewajiban menumbuh kembangkan bakat sang peserta didik mereka baik dari kegiatan jam pelajaran atau ekskul. Karena bakat anak akan sia-sia jika tak dikembangkan salah satunya ditempa di sekolah.

3.       Sebagai tempat untuk belajar lebih menghargai
Lingkungan sekolah tidak hanya anak berinteraksi dengan teman dan guru mereka. Tapi anak juga wajib berinteraksi dengan yang ada dilingkungan sekolah lain seperti satpam, petugas kebersihan, Bapak Ibu Kantin, petugas TU, atau juga pesuruh sekolah.  So ikatan interaksi anak dan berbagai kalangan yang ada disekolah akan membuat anak menghargai siapapun profesinya.

4.       Sebagai tempat yang mengajarkan persahabatan
Di sekolah anak tentu akan menemui segala karakter kawan mereka dimana anak sering membentuk “genk” pertemanan yang tentunya ini mengajarkan persahabatan sejak awal di sekolah.
Kadang persahabatan ini bisa kekal hingga mereka dewasa dengan selalu terjalinnya komunikasi yang lancar hingga kini yang mungkin malah ada yang menjadi rekan bisnis atau bahkan menjadi suami istri.

Ada istilah jika nostalgia sekolah sulit dilupakan karena kenangan indah kita bersama teman-teman jadi kalau persahabatan itu bisa terjalin kembali atau berlanjut sampai dewasa tentunya sangat menyenangkan, karena persahabatan itu bisa berguna ke depannya. 

Dengan penjabaran keempat peran sekolah dalam pendidikan karakter anak diatas, semoga semakin membuat orang tua baik Ayah dan Ibu paham, bahwa mereka tidak sendiri dalam bertanggung-jawab dalam pendidikan karakter anak, karena selain Orang Tua dan lingkungan masyarakat sekitar keluarga tinggal, sekolah juga berperan penting dalam tugas ini.

Semoga dengan artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca semua, terima kasih akan perhatiannya..salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *