Proses Pembentukan Karakter Pada Anak

Diposting pada

Karakter seseorang anak tentu sangat berbeda-beda satu dengan yang lainnya dimana melalui proses dan dipengaruhi beberapa hal yang membentuk watak disetiap individu anak bersangkutan.
Dalam proses pembentukan karakter seseorang anak untuk menjadi pribadi yang baik dipengaruhi beberapa faktor yakni faktor pembentukan karakter di sekolah, lingkungan masyarakat dan keluarga.
Berikut ketiga faktor tersebut :

1.      Pembentukan Karakter Di Sekolah
Sosok kunci yang membentuk karakter anak di lingkungan sekolah tentu saja sang pengajar mereka atau Guru. Guru yang dijawa berarti digugu dan ditiru tentu menjadi tauladan muridnya dimana selain mengajar ilmu pengetahuan juga mengajari anak untuk bisa menjadi pribadi yang baik semisal dengan memberi pendidikan agama, moral, kebangsaan, tingkah laku dan lainnya.

2.      Pembentukan Karakter Di Lingkungan Masyarakat
Lingkumgan masyarakat sekitar jelas menjadi faktor utama dalam membentuk karakter seorang anak. Berada dilingkungan yang baik tentu akan mempengaruhi anak menjadi pribadi yang baik pula begitu juga sebaliknya jika anak bergaul di lingkungan buruk akan memberi pengaruh buruk pula.

3.      Pembentukan Karakter Dalam Keluarga
Keluarga tentu berperan krusial dalam membentuk karakter pada diri anak, karena ikatan emosi yang lebih erat antara orang tua dan anak dari pada di sekolah dan masyarakat . Pola pengasuhan dari Ayah dan Ibu pada anak semisal keteladanan , kebersamaan dalam menerapkan nilai-nilai moral , kebiasaan positif lain yang ditanamkan tentu akan membentuk karakter positif pada anak.
Orang tua dalam memberikan pengajaran pada anak tentu disesuaikan dengan perkembangan fisik, biologis dan perkembangan psikisnya.  Salah satu contohnya jika dalam keluarga beragama tentu selalu mengajarkan anak untuk selalu berdoa sebelum melakukan sesuatu hal.
Semua kebiasaan positif ini tentu akan mempengaruhi kecerdasan emosi anak yang menjadi bagian penting dalam pembentukan karakter anak kedepannya. Menurut penelitian kecerdasan emosi anak berperan sekitar 80 persen dalam keberhasilan anak dalam kehidupan bermasyarakat dan 20 persen sisanya dipengaruhi faktor lain termasuk kecerdasan intelektual.
Kesimpulannya keluarga adalah lingkungan paling pertama dalam perkembangan pembentukan karakter pada anak, sebelum akhirnya akan mendapat pembentukan karakter lain baik di lingkungan sekolah dan masyarakat.

Tahap-Tahap Pembentukan Karakter :
Ada 5 Tahapan  dalam pembentukan karakter dalam setiap individu anak, yakni :
1. Ada nilai yang didapat anak dalam membentuk karakter mereka dari berbagai sumber seperti dari Agama, moral, pendidikan Iptek dan lain sebagainya.
 2. Nilai yang didapat anak tentu akan mempengaruhi cara berpikirnya yang akhirnya akan menjadi sebuah rumusan Visi,
3. Visi ini akan masuk ke dalam sanubari jiwa sang anak dalam hatinya yang akan berubah menjadi mentalistis,
4.Mentalistis akan mempengaruhi setiap fisik sang anak yang akan mempengaruhi setiap  tindak-tanduknya yang kita sebut sebagai sikap,
5.Sikap-sikap dominan pada seorang individu yang membentuk pesona diri sang anak yang kita sebut karakter atau kepribadian.

Karakter atau watak dalam Wikipedia dikatakan adalah sifat batin yang mempengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi pekerti dan tabiat yang dimiliki manusia atau makhluk lainnya. Dalam hal bahasan ini tentu adalah proses pembentukan karakter pada anak dimana diatas sudah dijelaskan dipengaruhi tiga faktor yakni pendidikan karakter di sekolah, Masyarakat dan keluarga.

Dengan penjelasan yang cukup panjang dan jelas diatas, semoga bermanfaat bagi Anda sebagai Orang Tua baik Ayah dan Ibu yang sedang mendidik anak Anda sejak usia dini sehingga nantinya karakter positif sang anak akan bermanfaat dimasa depannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *