10 Tips Memacu Semangat Belajar Anak

Diposting pada

Kadang anak merasa bosan dan cenderung kurang enjoy saat belajar terutama ini menghinggapi anak-anak di usia dini bahkan sampai mereka remaja. So ini menjadi tugas Orang Tua baik Ayah dan Ibu dalam memacu semangat belajar sang anak.

So, berikut ini kami sajikan 10 Tips memacu semangat Belajar Anak

1. Selalu memberikan dukungan
Tips pertama, Anda sebagai Orang tua harus selalu memberikan dukungan saat anak dalam belajar seperti memfasilitasi Alat belajarnya, buku mapel dan lainnya. Dengan mendapatkan dukungan Anda, tentu anak akan lebih giat belajar karena merasa bertanggung-jawab. 

2. Selalu  komunikasi dengan anak
Berikan waktu untuk berkomunikasi dengan anak. Semisal bertanya hari ini adik belajar apa hari ini di sekolah?  Dengan berbicara secara efektif dengan anak, mereka tentu merasa diperhatikan Ortunya sehingga anak akan semangat dalam belajarnya.

3. Berikan reward ketika anak berprestasi
Saat anak Anda berprestasi, Anda perlu memberikan hadiah akan usahanya itu . Ini tentu memicu anak untuk terus berprestasi dengan belajar giat karena reward akan mereka dapatkan setiap mereka berprestasi terus. 

4. Jelaskan manfaat belajar pada anak
Berikan penjelasan manfaat kenapa mereka perlu belajar. Berikan pengertian jika anak belajar mereka akan menjadi tahu apa yang mereka sebelumnya tidak tahu yang tentunya akan membuat mereka pandai yang kelak akan berguna untuk mewujudkan cita-cita mereka kala dewasa .

5. Menerapkan jam belajar secara disiplin
Terapkanlah jam belajar secara disiplin. Semisal antara jam enam sampai delapan malam adalah waktu belajar, so anak wajib belajar dan tak boleh melakukan kegiatan lain seperti nonton televisi, internet, atau main games  .

6. Memberikan contoh yang baik
Anak adalah peniru yang ulung. So sebagai orang tua , Anda wajib memberikan contoh yang baik, semisal gemar membaca sehingga anak akan mencontoh untuk suka membaca atau juga tidak sering menonton TV disaat jam belajar.

7. Mengajak anak berlibur sehabis ujian
Sehabis ujian, ajaklah anak Anda untuk berlibur. Ini tentu akan memacu anak untuk belajar sungguh-sungguh karena ingin mendapatkan nilai bagus sehingga mereka bisa diajak untuk berdarma wisata,

8. Pelajari bagaimana tipe belajar anak
Pelajari bagaimana tipe belajar anak Anda , karena setiap anak tentu punya cara belajar sendiri-sendiri. Bisa saja Anda bertanya ke Guru sang anak untuk mengetahui bagaimana anak Anda belajar dengan nyaman atau bisa ke psikolog anak untuk mengetahui cara terbaik anak dalam belajar.

9. Berikan waktu Istirahat
Merasa bosan saat belajar tentu sering melanda anak, so Anda sebagai orang tua harus memberikan waktu istirahat. Maksudnya disini,  anak Anda tak perlu belajar ketika libur atau hari Sabtu dan Minggu dan ajak untuk berlibur atau bermain sehingga mereka akan fresh saat kembali belajar.

10. Ciptakan suasana belajar yang nyaman di rumah
Ciptakan suasana belajar yang nyaman di  rumah. Semisal kamar belajar anak dibuat semenarik mungkin agar anak merasa nyaman saat belajar atau kenyamanan belajar anak akan tercipta jika Ayah atau Ibu membantu anak ketika mengerjakan Pekerjaan Rumah yang diberikan guru disekolah.

So Ayah dan Ibu sebagai Orang tua jangan pernah berhenti dan bosan dalam membimbing anak dalam belajar, karena selain lingkungan sekolah, lingkungan keluarga adalah tempat terbaik untuk anak dalam belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *