4 Cara Jitu Mengelola Biaya Pendidikan Anak

Diposting pada
Seperti halnya biaya bahan-bahan pokok, biaya pendidikan anak juga terus mengalami kenaikan. Saat ini, biaya kuliah per semester di perguruan tinggi negeri saja sudah mencapai angka 7 juta rupiah. Bayangkan berapa biayanya nanti dengan kemungkinan kenaikan 20% per tahun, saat anak Anda akan masuk kuliah. Sebagai orang tua, tentunya Anda ingin selalu memberikan yang terbaik untuk sang anak, tetapi semakin tingginya biaya pendidikan pastinya terus membuat Anda khawatir bagaimana cara mengatur biaya pendidikan untuk anak. Berikut beberapa tips untuk bantu Anda merencanakan dan mengatur biaya pendidikan anak.
Tentukan Sekolah yang Dituju
Sebelum mulai merencanakan biaya pendidikan, ada baiknya Anda merencanakan mana kira-kira sekolah yang akan dituju oleh anak. Apakah itu sekolah negeri maupun swasta, atau mungkin ingin mengikuti program pendidikan internasional. Rencanakan juga kemungkinan apabila keluarga Anda akan pindah ke daerah lain. Dengan merencanakan sekolah yang dituju, Anda dapat memperkirakan dan mempersiapkan biaya sekolah anak Anda dengan lebih tepat. Anda juga dapat membuat rencana lebih dari satu sebagai cadangan apabila ada hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.
Cari Informasi Mengenai Program Beasiswa
Saat ini banyak terdapat program beasiswa yang ditawarkan oleh berbagai pihak. Kesempatan beasiswa ini bisa jadi akan membantu anda meringankan beban biaya pendidikan anak. Dengan mencari infonya sejak dini, Anda dapat mempersiapkan anak lebih awal dan mulai mengelola biaya pendidikan anak sejak dini. Tidak hanya meringankan biaya, berbagai program beasiswa memberi keuntungan lebih banyak untuk anak Anda, contohnya dengan adanya jaminan kerja atau pengalaman sekolah di luar negeri. Anda tetap dapat memberikan pendidikan terbaik untuk anak dan tidak terlalu mengkhawatirkan beban biayanya.
Siapkan Tabungan Khusus
Mulailah mengelola biaya pendidikan anak sejak dini.jpegSalah satu hal mudah yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak adalah dengan membuat tabungan khusus. Memang diperlukan tekad yang tinggi untuk menempuh cara ini. Di awal, Anda memang hanya dapat menabung dari penghasilan, namun nantinya Anda dapat membiasakan anak untuk ikut menabung. Dengan cara ini, Anda juga sekaligus mengajarkan anak untuk turut mempersiapkan dan merencanakan masa depannya. Hal ini juga merupakan bentuk edukasi finansial yang baik untuk anak Anda. Perlu diingat juga bahwa Anda juga perlu mengontrol diri, sehingga anak Anda tidak tergoda untuk menggunakan dana tabungan ini. Terus ingat prioritas Anda dan betapa pentingnya pendidikan anak Anda kelak.
Daftar Layanan Asuransi Pendidikan
Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan mendaftar ke layanan asuransi pendidikan, tetapi Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal saat akan mendaftar ke layanan asuransi. Pertama, jumlah yang didapat saat jatuh tempo. Anda perlu menanyakan adakah potongan selama pendebetan asuransi dan saat jatuh tempo. Kedua, besar iuran serta keuntungan dan kerugian yang didapat. Ketiga, pastikan sistem pembayaran yang Anda pilih sesuai dengan kemampuan Anda. Keempat, pelajari sistem klaimnya agar tidak terjadi kesalahpahaman.
Pendidikan anak Anda merupakan hal yang sangat penting. Hal tersebut juga merupakan salah satu tanggung jawab Anda sebagai orang tua. Maka dari itu, sangat penting untuk merencanakan dan mempersiapkan pendidikan anak Anda dengan baik dan matang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *