Mekanisme Terbaru Mengenai Penerbitan NISN Tahun Pelajaran 2018

Diposting pada
Ada yng berbeda mengenai mekanisme penerbitan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) pada tahun pelajaran 2018 yng sedang berlangsung era ini yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. 
Perubahan yang telah di sebutkan membuat Operator Sekolah bertanya-tanya, bagaimana tips menerbitkan NISN siswa baru yng belum punya NISN, lantaran di vervalPD telah tak ada fasilitas NOTMATCH. 
Oke mari kita pelajari bersama. Kalau pada tahun-tahun sebelumnya, mekanisme penerbitan NISN di lakukan oleh Operator Sekolah yang dengannya tips login di situs VervalPD – masuk ke RESIDU lalu melakukan NOTMATCH (bagi atau bisa juga dikatakan untuk siswa yng belum punya NISN) serta MATCH (bagi atau bisa juga dikatakan untuk siswa pindahan serta siswa naik jenjang yng telah punya NISN dari sekolah sebelumnya). 
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mekanisme penerbitan NISN yng berlaku era ini pendapat dari Surat Edaran PDSPK yang dengannya Nomor 31966/A/LL/2016 tanggal 27 Juni Tahun Ini mengenai Kebijakan Pengelolaan Data Peserta Didik merupakan menjdai berikut : 
1. Seluruh data peserta didik (PD) yng belum mempunyai NISN serta sudah mengisikan data ke dalam APLIKASI DAPODIK pada tahun pelajaran 2017, akan SECARA OTOMATIS DIBERIKAN NISN. 
2. Penerbitan NISN akan di lakukan oleh PDSPK di setiap tahun ajaran baru yang dengannya ketentuan :
=> Bagi atau bisa juga dikatakan untuk PD tingkat 1 SD, tingkat 7 SMP, serta tingkat 10 SMA/SMK yang dengannya catatan bahwasanya, datanya sudah dimasukkan ke dalam APLIKASI DAPODIK oleh operator sekolah.
=> Bagi atau bisa juga dikatakan untuk tingkat 7 SMP serta tingkat 10 SMA/SMK penerbitan akan melalui proses verifikasi oleh system yang dengannya mengacu pada data Arsip PDSPK.
Andai belum pernah tercatat di Arsip akan diberikan NISN atas siswa yang telah di sebutkan, akan tetapi andai telah pernah mempunyai NISN maka NISN yang telah di sebutkan akan tetap dipakai oleh siswa yng bersangkutan. 
3. Data peserta didik baru Perlu telah dimasukkan ke dalam APLIKASI DAPODIK serta telah SINKRONISASI sebelum akhir bulan September. 
4. Andaikan pengisian data peserta didik baru yang telah di sebutkan, belum selesai dalam batas waktu sebelum akhir bulan September, maka penomoran NISN akan diberikan pada tahun ajaran selanjutnya. 
5. Bagi peserta didik yng belum mempunyai NISN serta/ataupun pindahan sesudah waktu yng sudah ditetapkan (point 3): 
a. berasal dari sekolah di luar Kemendikbud, bisa menghubungi Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengajuan NISN peserta didik yng bersangkutan = > App vervalpd tingkat Kab/Kota;
b. berasal dari sekolah Luar Negeri, bisa melengkapi dokumen melalui Sekretariat Ditjen Dikdasmen bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh Surat Keterangan Penyetaraan. Selanjutnya diajukan penerbitan NISN oleh Setditjen Dikdasmen serta PDSPK akan menerbitkan NISN bagi peserta didik yng bersangkutan;
Inti dari Surat Edaran di atas :
=> Bagi atau bisa juga dikatakan untuk penerbitan NISN Siswa Baru yng Belum Mempunyai NISN ataupun Siswa Pindahan serta Siswa Naik Jenjang yng telah mempunyai NISN akan secara otomatis melalui Verifikasi serta Validasi oleh system vervalPD.

=> Data peserta didik Perlu telah dimasukkan ke dalam Perangkat lunak Dapodik serta telah Sinkronisasi sebelum akhir bulan September.

=> Bagi atau bisa juga dikatakan untuk kapan saatnya NISN itu terbit, mari kita menunggu serta memantau perkembangan di situs vervalPD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *