Pengertian dan Cara Mengatasi Bootloop di Android

Diposting pada

Beberapa dari kita sering panik jika HP Android kita bermasalah seperti ketika dihidupkan hanya menampilkan logo merk HP Anda yang biasanya kita sebut Bootloop Android. Jika ini terjadi, sebenarnya Anda tak perlu ke tukang service karena Anda bisa memperbaikinya sendiri. Ternyata ada dua jenis masalah Bootloop pada Android Anda. 


Pengertian Bootloop sendiri adalah masalah kerusakan pada OS Android atau Hardware pada Smartphone yang Anda gunakan. Sedang dua jenis kerusakan ini adalah Light Bootlopp dan Hardbootloop. 

Light bootloop sendiri adalah kerusakan ringan Bootloop dimana ini tak berlangsung lama namun beberapa kali kambuh. Sedang Hard Bootloop atau bootloop parah dimana saat kita reset tidak bisa masuk ke sistem atau mati total meski kita restart berkali-kali.

Cara Mengatasi Bootloop Android
Dengan mengetahui kerusakan pada Android yang dinamakan Bootloop, Kita tentu ingin mengetahui sendiri untuk mengatasi masalah tersebut. Meski ringan pun harus segera kita tangani agar tak rusak parah, jadi ini cara mengatasi dua masalah Bootloop tersebut.

1. Mengatasi Light Bootloop
Cara mengatasi Light Bootloop sebenarnya tidaklah terlalu ribet-ribet amat. Caranya jika Android dalam keadaan On kita OFF kan lalu keluarkan memori, kartu dan baterai selama kurang lebih 30 menit sampai 24 jam. Lalu pasang semua lagi dan hidupkan lagi, Insya Allah kembali Root. Namun jika tidak mungkin Android Anda sudah mengalami Hard Bootlooop .

2. Mengatasi Hard Bootloop 
Berikut beberapa teknis dalam memperbaiki kerusakan Hard Bootloops:
1. Caranya diantaranya adalah pengaturan kembali ke factory reset atau masuk ke setelan pabrik. Namun bagaimana jika Android malah selalu booting. So caranya adalah Android Anda harus masuk ke Recovery Mode.

2. Cara Recovery Mode ini, Anda harus menekan tombol  Home + Volume Up + Power secara bersamaan, dimana setiap jenis Vendor caranya tentu beda-beda. 

Berikut adalah daftar cara masuk ke recovery mode berdasarkan merk yang sering kita gunakan:
1. Samsung
Galaxy Gio / Fit / Mini / ACE: Home + tombol Power
Galaxy Young / young duos / Pocket: Tekan tombol Home + Volume Up + Power

2. HTC
Power + Volume Down + Power On (secara bersamaan sampai muncul recovery mode)

3. HUAWEI
Tombol Power + volume up + Tombol Power

4. LG
Home + Volume Up + Tombol Power

5. Andromax
Home + Volume Up + Tombol Power

6. ADVAN VANROID
Tombol Power + Volume Down , tunggu sampai muncul gambar Android dan tanda segitiga, setelah itu masuk ke Home

7. CROSS
Power + Volume DOWN
Coba Anda lakukan sesuai jenis merk Ponsel Anda dan jika sudah masuk ke Recovery Data,  tekanlah tombol volume guna mengaktifkan kursor dan tombol Power yang berguna mengesekusi. Caranya gerakkan kursor ke Wipe data/factory reset dan pencet tombol power.

Lalu gerakkan ke arah kursor lagi lalu tekan  Yes — delete all user data dan pencet tombol power. So beberapa merk Android segera mereset proses permintaan tadi. Namun beberapa lainnya bisa segera restart, dan beberapa lainnya lagi hanya memberi informasi selesai.

Jika perangkat gagal restart, pindahkan kursor ke opsi reboot system now dan pencet tombol power. Ini sudah membawa Anda setengah jalan memperbaiki Android Anda , karena jika sudah bisa restart maka otomatis sudah bisa ke sistem. Dan langkah selanjutnya dijamin lancar.

Anda hanya diperintahkan untuk mengatus akun Anda seperti semula, lalu download aplikasi-aplikasi yang Anda gunakan atau restore hasil backup jika ada. Selesai, Silahkan mencoba Guys., semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *