Pentingnya Menjaga Kesehatan Pada Anak

Diposting pada

Orang tuakadang sangat khawatir kesehatan anakmereka yang sangat aktif di usia kecil mereka yang terkadang seperti tak kenal lelah. Si kecil yang sangat senang bermain kesana-kemari, sering membuat Ayah dan Ibu takut jika mereka bisa terserang penyakit.

Harusnya Orang tua jangan terlalu takut kalau buah hatinya terlalu bersemangat bermain, karena untuk menjaga kesehatan , Ayah dan Ibu hanya perlu memperhatikan asupan gizi, kebutuhan  tidur, serta kebersihannya sang Anak.

Pada dasarnya, ada beberapa hal yang umum menyebabkan anak mudah sakit, yaitu:

1.      Masalah Kekebalan Tubuh
Masalah ini timbul biasanya menimpa anak yang menderita kelainan bawaan sejak lahir, seperti penderita alergi , meski anak yang tak menderita kelainan seperti ini juga bisa mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh.

Saluran cerna adalah sistem perlindungan anak dari penyakit , so untuk menjaga kesehatan anak, berikanlah  asupan makanan bergizi pada sang anak untuk awal dari perlindungan kekebalan tubuhnya.

2.      Paparan Lingkungan
Lingkungan yang tak sehat tentu menjadi sarang penyakit yang bisa mengganggu kesehatan anak. Salah satu paparan lingkungan yang membawa penyakit adalah di lingkungan rumah Anda. Jika rumah Anda dekat sungai yang kotor, tentu menjadi sarang nyamuk yang bisa menyerang anak Anda.

3.      Infeksi
Anak sering kena demam karena terpapar bakteri atau virus. Ini bisa diakibatkan tertular teman sekolahnya yang sakit. Ada penelitian jika bocah yang berada di sekolah mengalami risiko mengalami infeksi 1,5-3 kali lebih besar dari pada anak saat berada di rumah.
Untuk proses tumbuh kembangnya anak, tentu menjaga kesehatan adalah hal yang terpenting yang perlu dilakukan Orang tua.

Berikut ini kami berikan tips dalam menjaga kesehatan anak:
  1. Memberikan Makanan Bergizi
Berikan asupan makanan bergizi pada anak Anda. Ini tentu akan membuat virus atau bakteri tak mudah menyerang badan anak Anda. Gizi yang orang tua berikan terdiri dari  50-70 persen karbohidrat, 20-30 persen lemak, dan 10-15 persen protein.
  1. Menjaga Kebersihan
Jagalah kebersihan pada sang anak. Yakni dengan membiasakan untuk cuci tangan sebelum dan setelah makan atau bermain, menggosok gigi tiga kali sehari , rutin ganti popok si kecil dan kebersihan lainnya.
  1. Aktif Bergerak
Untuk membuat daya tahan anak kuat, anak perlu diajak aktivitas fisik secara rutin . Contohnya ajak anak bermain di outdoor bersama kawan-kawannya, ajak menari, olah raga atau aktivitas lainnya. Dengan aktif bergerak, otomatis anak akan terhindar dari obesitas yang menjadi sumber penyakit.
  1. Tidak Jajan Sembarangan
Jangan jajan sembarangan. Sering anak sangat suka jajan sembarangan yang berpotensi terkena bakteri dari makanan yang dikonsumsi sang anak. Untuk menghindari itu kenapa tidak orang tua membekali makanan dan minuman yang bergizi dari rumah.
  1. Patuhi Jadwal Imunisasi
Untuk membuat tubuh anak kebal, patuhilah jadwal Imunisasi yang diselenggarakan pemerintah dengan kata lain jangan alergi dengan imunisasi karena itu demi kesehatan anak . Hepatitis B, polio, BCG, campak, dan DPT adalah imunisasi wajib yang harus diberikan pada anak Indonesia oleh pemerintah.

So, anak adalah investasi masa depan Orang tua, untuk itu sangat wajib bagi orang tua menjaga kesehatan mereka sejak usia dini. Dengan paparan diatas semoga berguna bagi Anda, Ayah dan Ibu sebagai orang tua dalam menjaga kesehatan anak Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *