Tips dan Trik Cara Menghubungkan Domain dengan Toko Online Anda, Bagian 1!

Diposting pada
Nama domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server di jaringan komputer maupun internet. Nama server ini biasanya berupa deretan angka rumit yang dikenal sebagai alamat IP (IP Address).
Nah, tujuan adanya nama domain ini tentu saja untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, sekaligus membuat website Anda menjadi lebih mudah diingat.
Agar Anda tidak bingung dengan pengistilahannya, nama domain ini juga lazim disebut dengan sebutan URL atau alamat website.
Nama domain bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui perusahaan penyedia layanan domain dan hosting seperti Niagahoster. Anda hanya tinggal pesan, bayar, tunggu proses verifikasi sejenak, dan domain Anda akan siap digunakan.
Anda dapat memanfaatkan nama domain Anda untuk berbagai keperluan di samping menamai website Anda sendiri, tentu saja.
Anda bisa menghubungkan domain ke toko yang telah Anda miliki di berbagai market place. Seperti tokopedia, buka lapak, lazada, dll.
Melalui e-book ini kami telah mempersiapkan Cara Menghubungkan Domain dengan Toko Online Anda: Tokopedia, Bukalapak, Elevania, OLX, dan Lazada.
Kami telah merangkumnya sedemikian rupa sehingga Anda yang masih awam pun dapat mempraktekkannya sendiri pada domain Anda secara mandiri.
1. Mengapa Toko Anda Memerlukan Nama Domain?
Saat ini pertumbuhan e-commerce kian meningkat, bagi penjual/pemilik toko di marketplace online/pasar online tentu tidak asing dengan dengan 5 website e-commerce terfavorit di Indonesia berikut:
https://www.bukalapak.com
https://www.tokopedia.com
http://www.elevenia.co.id
https://www.olx.co.id
https://www.lazada.co.id
Apakah Anda salah satunya? Jika Anda memiliki toko di marketplace tersebut tentu nama toko Anda tidak langsung menggunakan nama domain Anda sendiri dan akan mendapat nama sesuai marketplace yang Anda gunakan. Misalnya saja, https://www.bukalapak.com/jogjafoodz
Nama domain yang singkat dan sesuai jenis usaha akan mempermudah dalam promosi bisnis. Anda dapat menempatkannya di berbagai media promosi Anda. Misalnya pada kartu nama dan berbagai profil di media sosial
Meskipun Anda belum memiliki website tersendiri, nama domain tetap bisa Anda tampilkan pada kartu nama dan ketika nama domain Anda diakses akan menampilkan profil toko Anda di marketplace online.
Anda dapat menampilkan nama domain di berbagai profil media sosial dengan singkat www.tokoanda.com tanpa embel-embel market place yang Anda gunakan. Misalnya di cover facebook, twitter, dan google+ produk Anda.
Nama domain sesuai keinginan Anda dapat Anda miliki dan tetap dapat Anda arahkan/hubungkan ke toko Anda di berbagai marketplace online. Menarik bukan?
2. Bagaimana Cara Anda Melakukannya?
Alamat domain Anda dapat diatur agar terhubung dengan toko Anda di berbagai marketplace online dengan Domain Forwarding. Jika Anda belum memiliki nama domain sendiri, silakan Anda melakukan pembelian terlebih dahulu di Niagahoster.
2.1.Menghubungkan Domain Anda dengan Toko di Bukalapak.com
Bukalapak.com merupakan salah satu marketplace online yang paling diminati di Indonesia. Salah satu contohnya adalah dari kategori kuliner, jogja food, https://www.bukalapak.com/jogjafoodz dan akan dihubungkan dengan domain gudegjogjafoodz.com.
  1. Jika Anda sudah memiliki nama domain aktif di Niagahoster, Anda dapat masuk ke halaman Member Area. Pada halaman utama tersebut Anda akan menemukan daftar alamat domain aktif milik Anda. Pilih domain yang Anda inginkan dengan meng-klik URL kelola pada bagian kanan.

2. Masuk ke halaman utama Member Area domain Anda, kemudian pilih URL kelola pada bagian kanan domain aktif yang Anda ingin konfigurasikan.
3. Selanjutnya Anda perlu melakukan pengaturan pada DNS Management. Klik tombolnya pada deretan menu bagian atas. Di sini Anda dapat melihat Nameserver domain Anda sendiri.
4. Karena di sini Anda akan menggunakan fitur Domain Forwarding, Anda perlu mengubahnya ke entri Nameserver Anda sendiri sesuai dengan yang tertera di bagian DNS Management di atas. Klik tombol Nameservers.
Kemudian masukkan pada kolom isian berikut.
5. Klik Nameservers pada deretan menu bagian atas.
Secara default, Nameservers ini akan terisi dengan entri seperti di bawah ini.Jika sudah, klik tombol Update.
Karena di sini Anda akan menggunakan fiturDomain Forwarding, Anda perlu mengubahnya ke entri Nameserver Anda sendiri sesuai dengan yang tertera di bagian DNS Management.
Isikan Nameserver di atas pada kolom isian yang terdapat dalam tab Nameservers.
Jika sudah, klik tombol Update.
6. Anda juga perlu melakukan pengaturan destinasi forwarding Anda. Klik tombol Domain Forwarding pada bagian atas.
7. Masukkan alamat URL laman toko di Bukalapak Anda pada kolom isian Destination berikut ini.
8. Pengaturan telah selesai! Kini tiap kali pengunjung mengetikkan alamat URL Anda pada browser, mereka akan menemukan toko Anda di bukalapak.
Selamat mencoba semoga bermanfaat….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *